18-June-2008

18/06/2008 13:21

RINGKASAN

  • Kenaikan harga komoditas dan pangan akan meningkatkan Indeks Harga Konsumen (CPI) tahunan Inggris hingga diatas 4%.
  • Penurunan signifikan indikator ZEW untuk sentimen ekonomi Jerman mengindikasikan ekonomi Jerman yang akan merosot dalam 6 bulan mendatang.
  • Fed diperkirakan tidak merubah suku bunganya pada pertemuan minggu depan, sementara kenaikan bunga bulan Agustus belum bisa dipastikan, menurut Wall Street Journal.
  • Tekanan terhadap industri broker AS terus meningkat akibat melambatnya ekonomi dan aktivitas investasi perbankan serta adanya bukti manajemen resiko yang cacat.
  • Regulator futures minyak AS, Inggris, dan Eropa menyetujui kesepakatan untuk membatasi kontrak minyak mentah dan berencan untuk membatasi transaksi mata uang yang berkorelasi dengan kontrak futures minyak AS.

BOE: Inflasi Akan Mencapai Puncaknya Di Akhir Tahun ini
Gubernur BoE Mervyn King hari ini menyebabkan pasar waspada akan harga yang tinggi karena dia mengekspektasikan inflasi akan mencapai puncaknya hingga akhir tahun ini setelah mencapai 4%, namun masih diatas target 2009. Dalam surat King pada Chancellor of the Exchequer Alistair Darling, dijelaskan mengapa tingkat Indeks Harga Konsumen (CPI) tahunan Mei naik hingga 3.3%, 1 persen diatas target Bank sentral 2.0%. Dia menyebutkan bahwa harga komoditi masih mungkin naik terus dalam beberapa bulan mendatang bersamaan dengan kenaikan harga pangan yang akan mendongkrak tingkat CPI tahunan diatas target 2009 kemungkinan diatas 4% tahun ini. Bagaimanapun, dia juga optimisme bahwa inflasi diatas target ini, hanya bersifat sementara. Tingkat inflasi UK naik hingga level tertinggi sejak akhir 1997 di bulan lalu, menambahkan tekanan bagi BoE untuk menaikkan suku bunga. Lonjakan 3.3% harga konsumen lebih tinggi dari perkiraan ekonom sebesar 3.2% dan lebih tinggi dari laporan sebelumnya 3.0%, mengkonfirmasi bahwa kendati ekonomi Inggris kini sedikit terhindar dari resesi, inflasi masih menjadi kekhawatiran utama dan data ini mengindikasikan bahwa ada resiko kenaikan bunga. King mengatakan bahwa tingkat suku bunga kedepan masih tidak pasti, ekonomi harus terlebih dahulu melambat untuk mengembalikan inflasi pada target namun untuk sementara ini akan naik diatas 4% di semester kedua 2008 dan akan bertahan diatas target pada 2009.

Tingkat Kepercayaan Investor Jerman Anjlok Hingga Level Terendah 15-Tahun
Indikator ZEW untuk sentimen ekonomi Jerman turun signifikan di bulan Juni 2008. Indikator ini menurun 11.0 poin dan kini berada di angka -52.4 poin setelah sebelumya -41.4 poin bulan sebelumnya. Di satu sisi pengulangan menurunnya pesanan yang masuk mengindikasikan momentum Jerman akan merosot dalam 6 bulan mendatang. Sementara itu, kenaikan harga pangan dan energi turut mengurangi daya beli konsumen. Lebih jauh lagi, kondisi peminjaman bagi perusahaan masih memburuk sebagai hasil dari krisis pasar keuangan dan perkiraan kenaikan tingkat suku bunga oleh ECB.

Kecil Kemungkinan Fed Menaikkan Bunga Sebelum Musim Gugur
Fed kelihatannya tidak akan memaksakan kenaikan bunga sebelum musim gugur kecuali prospek inflasi dipertimbangkan menurun, menurut Wall Street Journal di hari Selasa. Fed kini hampir pasti untuk tidak melakukan perubahan tingkat suku bunga pada pertemuannya minggu depan, sementara kenaikan bunga bulan Agustus belum bisa dipastikan, ekspektasi pasar untuk langkah tersebut mungkin “terlalu berlebihan”. Suku bunga future jangka pendek AS  menunjukkan investor yang mengharapkan kenaikkan bunga Fed 25 basis poin hingga 2.25% di Agustus. Fed ingin mengendalikan inflasi, akibat kenaikan harga energi serta pelemahan dollar, sementara memberikan waktu bagi ekonomi agar kembali pulih dari masalah perumahan, tenaga kerja dan pasar keuangan. Beberapa petingi Fed juga mengungkapkan kenaikan suku bunga yang terlampau dini dapat memperburuk masalah.

Laba Goldman Turun 11%, Namun Melampaui Estimasi
Akhir-akhir ini, tekanan terhadap industri broker meningkat akibat melambatnya ekonomi dan aktivitas investasi perbankan serta adanya bukti manajemen resiko yang cacat. Namun, Goldman Sachs mendapat pengecualian. Perusahaan ini melaporkan turunnya laba pada laporan kwartalannya sebesar 11% seiring pasar obligasi mulai memperlambat aktivitas investasi perbankan dan mengurangi keuntungan trading, namun hasil ini masih memberi harapan dalam lingkungan yang terburuk selama beberapa dekade terakhir. Goldman berhasil menghindari kerugian besar seperti yang menimpa Lehman Brothers Holdings serta rival nya yang lain, namun bisnis secara keseluruhan masih melambat dari rekor level tahun lalu.

Regulator Membatasi Perdagangan Spekulatif Minyak
Regulator futures minyak AS dan rekannya di Inggris kini mencapai kesepakatan dengan ICE Futures Eropa untuk melaksanakan regulasi baru pada kontrak minyak West Texas Intermediate yang diperdagangkan di lantai bursa elektronik berbasis London, dikatakan oleh direktur CFTC. “Setelah konsultasi dengan Otoritas Keuangan Inggris, CFTC kini mengumumkan ICE Futures Europa telah menyetujui untuk memulai proses penyesuaian posisi dan pembatasan aksi kontrak minyak mentah,” kata Direktur Walter Lukken dalam testimoni nya di depan panel Senat AS. Langkah ini akan membatasi perdagangan kontrak WTI di bursa London , yang menyumbang 30% total volume. CFTC akan memberlakukan pembatasan serupa bagi mata uang yang berkorelasi dengan kontrak futures AS.

Inflasi Inggris Mencapai 3.3% di Bulan Mei, Terbesar Dalam Satu Dekade
Inflasi tahunan CPI – yang digunakan sebagai target pengukuran inflasi pemerintah – sebesar 3.3% di Mei, naik dari 3.0% di April. Tekanan kenaikan datang dari perumahan dan jasa rumah tangga terkait tagihan gas dan listrik, dan harga solar, yang naik tahun ini; merefleksikan kenaikan harga minyak mentah. Sebagai tambahan, terjadi penurunan sektor perumahan. Imbas terutama datang dari pembayaran bunga hipotek seiring bank menerapkan penurunan suku bunga bank seperempat basis poin sebagai upaya untuk mengatasi depresiasi sektor perumahan.

Permintaan Jasa Jepang Menguat, Mungkin Merosot Akibat Resiko Pertumbuhan
Permintaan Jepang untuk sektor jasa menguat di April, tapi terlalu kecil untuk menopang jatuhnya ekonomi negara. Indeks tersier, sebuah ukuran pengeluaran rumah tangga dan pebisnis untuk tagihan telepon, energi dan transportasi, meningkat 1.8% dari Maret, menurut Kementerian Perdagangan di Tokyo, setelah tetap di bulan sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi terbesar kedua dunia ini meningkat di kuartal pertama, didorong oleh ekspor dan belanja rumah tangga. Penggerak tersebut dapat goyah di beberapa bulan mendatang akibat lambatnya pertumbuhan global yang memangkas permintaan produk Jepang dan pesatnya inflasi selama satu dekade telah mengikis daya beli konsumen dalam negeri.

Bank Sentral Australia Menyebutkan Kenaikkan Bunga Melambatkan Ekonomi
Bank sentral Australia mengatakan kenaikkan suku bunga tahun ini yang menjadikan bunga pinjaman di level tinggi 12-tahun mungkin cukup untuk meredam permintaan yang telah membawa inflasi pada level tertinggi sejak 1991. Gubernur Glenn Stevens dan dewannya mempertahankan bunga tetap di 7.25% bulan ini ditengah sinyal kenaikkan sejak Agustus telah menyusutkan ekonomi $1 trilyun, yang tumbuh lambat dalam dua tahun di Q1. Pembuat kebijakan ``setuju bahwa penting untuk memperlambat tren yang berkelanjutan, ''. Lonjakan harga bahan bakar, makanan dan perumahan telah menekan inflasi inti tahunan menjadi 4.4% di Q1, tertinggi dalam 17 tahun.

Nikkei Tidak Banyak Berubah Seiring Kehati-hatian Menjelang Data AS
Nikkei tidak banyak berubah pada hari Selasa, seiring investor melakukan aksi ambil untung atas kenaikan satu hari sebelumnya sambil menunggu data ekonomi AS untuk melihat tekanan inflasi dan efeknya terhadap sentimen investor. Nikkei bergerak di kisaran sempit di antara daerah positif dan negatif, dimana penurunan dapat diimbangi oleh naiknya saham perbankan setelah pimpinan Lehman Brothers dapat meyakinkan Wall Street terhadap kerugian perusahaannya.

Penjualan Toserba Korea Selatan Meningkat Tajam Dalam Dua Tahun
Penjualan toko serba ada Korea Selatan meningkat tajam dalam dua tahun di bulan Mei akibat konsumen memperbanyak pembelian barang mewah untuk hadiah liburan. Penjualan di tiga rantai terbesar negara lompat 11.3% dari setahun silam, setelah naik 6.5% di April. Toserba telah banyak melakukan promosi di bulan Mei, yang disebut bulan keluarga, untuk menarik pelanggan membeli hadiah bagi anak, orang tua, dan guru.




Bila dalam email ini terdapat analisa dan informasi apapun berkaitan dengan analisa merupakan hasil dari Research dan Development PT Monex Investindo Futures yang diambil dari sumber-sumber yang dianggap dapat dipercaya, tetapi kami tidak dapat mengatakan hal itu adalah lengkap dan akurat. Kami tidak bertanggung jawab atas penawaran apapun untuk menjual atau permintaan apapun untuk membeli berdasarkan pada analisa dan informasi yang ada di email ini.

David S.
Business Dev. Officer (BDO)
Monex-Kbn. Sirih
Direct: 021-712-04075
Y!M: tanyakedavid
http://monexfutures .blogspot. com

Back

Search site

© 2008 All rights reserved.