Part 1: FTS (FEELING TRADING SYSTEM) BY soB KUNAY

25/03/2008 00:32

 

FTS (FEELING TRADING SYSTEM) BY soB KUNAY

Part 1

 

-          FTS adalah system trading dimana feeling sebagai titik penentu dalam pengeksekusian trading. Ketika signal muncul sudah bukan lagi sebuah perintah sebab semua keputusan ditangan sang feeling.

-          Seseorang hanya bisa menggunakan system feeling ini jika memahami apa yang disebut dengan Platform Market.

-          Platform Market memiliki 4 komponen utama; yaitu

1. Tools/indikator

2. Chart pattern

3. Habit pairs (Karakter Pairs)

4. Price cycle

- Hampir semua system trading mengacu pada salah satu dari platform market tsb.  Contoh: MKS Trendline- kelas dia mengacu pada habit pairs, GJ trapping,  EU run of gas, dll.

- Bisa dikatakan ke 4 hal tersebut dasar yang digunakan oelh semua trader dan semakin bagus kita memahami mereka maka pergerakan pasar seperti sebuah gambar. Dimana segala mekanisme kemungkinan sudah dirancang berdasarkan 4 faktor masing2 tersebut. Dan semakin melekatnya pemahaman trader thd ke 4 faktor tersebutlah yang kemudian menjadi pemicu munculnya sebuah feeling dalam penentuan dalam trading

- Penjelasan Platform Market diatas.

1. Indikator

banyak orang memahami dia sebagai sebuah system trading...padahal dia hanya sebuah tools. bagi kita untuk mengetahui kondisi pasar. sehingga hampir semua indi mengalami divergence. jika dia digunakan sebagai system treading

2. Chart Pattern

Pemanfaatan pemahaman ini jauhlebih baik jika kita hanya sekedar menggunakan indi dalam bertrading. dengan konsep chart pattern maka kita melihat lebih detail kondisi market. indi dan chart patern akan melengkapi

3. Pair Habit (Karakter Pair)

Setiap pairs memiliki habits. baik itu secara teknikal maupun fundamental. Mulai dari range hingga waktu2 tertentu. Habit telah menelurkan banyak system trading sebagaimana indi dan chart pattern.

4. Price Cycle

Konsep ini adalah konsep hukum keseimbangan dalam bertrading. dimana setiap harga mengalami fase atau cycle. yang secara prinsip dikenal dalam 4 stage

stage 1 = stage konsolidasi

stage 2 = stage trend

stage 3 =stage konfirmasi

stage 4 = stage trend

Semua terjadi berulang ulang...disinilah kemudian muncul mekanisme overbought dan oversell

Jika ke 4 faktor ini melekat dalam bawah sadar seorang trader maka seseorang akan lebih ditentukan oleh feeling.  sebab komplikated dan strategisnya cara membaca membuat salah satu komponen yang ditunjukkan dari salah satu dari ke 4 faktor tsb tidaklah cukup. dan disinilah feeling menjadi sebuah keputusan akhir yang kemudian dikenal FTS.

 

Tanya Jawab

T: Mohon dijelaskan tentang stage2 itu, boss?

-          J: stage 1 ditunjukkan dalam chart sebagai sideway

o   Channel

o   triangle

Disini sebagai titik kondolidasi akan pergerakan market ke depan...biasanya ada sebuah trigger yaitu news

-          stage 2 = keputusan / hasil konsolidasi = trend

-          stage 3 = konfirmasi

Dimana konfirmasi akan kondisi trend berlanjut atau reversal. biasanya disini terbentuk sideway dan triangle.

-          stage 4 adalah reversal

 

T: Apakah FTS ini tidak sering terlambat? kan banyak konfirmasinya?

J: karena konsep sudah melekat dalam bawah sadar maka akan lebih tepat...

Tidak beda dengan kita nonton tv sambil makan , baca koran dan ndengerin orang ngomong. Semua yang kita ambil hanyalah clue-nya dan clue tsb yang kita ambil tindakan. Disini terlihat jelas kelemahan indi sbg system trading sebab indi adalah menghitung apa yang telah ada dan dia hanya memberikan kita informasi yang butuh pemrosesan lebih lanjut.

Seseorang yang ahli dalam salah satu faktor belum tentu berani menggunakan kemampuannya ketika yang  dihadapinya adalah modal yang lebih besar

Misalkan: Anda menggunakan MA system dengan modal 10 juta. Mungkin gak masalah, tapi ketika menggunakan modal 500 milyar mungkin kita akan mempertanyakan apakah bener nih system yang telah kita pakai?

Yang pasti kita tidak bisa memahami market hanya dari salah satu sudut. Semua harus comprehensive. Semua faktor saling melengkapi dan kita aka melihat market lebih jelas.

 

T: Bagaimana cara mengasah feeling supaya tepat sasaran bos.?

J: Pengalaman.

Yang pasti adalah mengamati.jangan berpersepsi. Biarkan pasar yang akan memberitahu kita...

 

T: Jadi harus tahunan pengalamannya ya bos.?

J: Tidak mesti

Untuk kita tahu sudah ok apa blom kita bisa lihat equity curve.(di Account History). Kita cek equity curve kita apa smooth (berbentuk melengkung seperti parabola) atau terlihat seperti gergaji. Kalau seperti parabola, berarti kita telah menerapkan sistem dengan baik dan dengan sendirinya kita telah disiplin dengan sistim itu kalau seperti gergaji, berarti trading kita blom ok.

 

T: Apa kita harus main 1 pairs aja boss.?

J: Sebaiknya begitu agar lebih cepat mengenal habitnya. tapi banyak pair juga bagus agar juga mengenal habit crossnya

T: Untuk pemula pair mana yg mudah dipahami bos.?

J: Untuk pair newbie, coba yg favorit...GU, EU,atau Swissy.

 

 

Back

Search site

© 2008 All rights reserved.