Tick Movement by soB Kunay.

28/03/2008 01:32

 

Chat Log 28-03-2008 12.00WIB – Tick Movement by soB Kunay.

 

* @dragonfx mempersilahkan master kunay untuk membahas Tick Movement

<@kunay> wis siap....mulai yaa...

<@kunay> Tick Movement itu dipelajari buat datangnya momentum. Untuk menyimak dan mengamati kapan momentum dimulai.

<@kunay> setiap chart pattern ada nilai atau artinya mulai dari sideway, triangle, dll. Dan jika kita sering mengamati bentuk pergerakan tick maka kita bisa melihat sinyal2 arah pergerakan harga.

<@kunay> tick di bar terlihat seperti perang(Bull vs Bear). Yang lain mencoba untuk naik dan yang lain maksa turun dan saking kuatnya terlihat doji.

<@kunay> dan ini bisa kita gunakan untuk mengamati pola bigboys main. Dimana tanpa sebab dia akan membuat bar panjang banget, seakan-akan ada major news.

<@kunay> logikanya adalah ketika dia masuk dengan besar2an, maka dia akan mempertahankan posisi tersebut. Dan untuk beberapa saat dia akan mengamati apakah pasar terpengaruh oleh provokasinya.

<@kunay> dan jika dirasa kurang maka dia akan mencoba melakukan provokasi lagi terutama jika retracement yang terjadi diatas 60% dari swing High-Low sejak dia masuk.

<@kunay> Namun, biasanya jika sudah 2 kali dia terjun harga  kurang bereaksi, maka dia akan bersiap2 ambil langkah pengamanan dengan memasang terbalik dengan pola masuk yang sebelumnya.

<@kunay> Misalkan, jika dia masuk awalnya buy dan kemudian buy lagi tapi pasar tidak terpengaruh. Maka besar kemungkinan dia akan berbalik ke sell.

<@kunay> alasannya simple,  berarti market tidak setuju dengan big boys  atau market lebih senang sell. Jadi ketika dia buka sell, baru pasar terpengaruh sama aksi dia. Dan biasaya dia akan melakukan ketika pasar stuck di area 1 dan 5m.

<@kunay> Dalam pengamatan tick kita bisa melihat secara real bagaimana reaksi market lebih detail.  Bagaimana kedua belah pihak yang berperang  saling mempertahankan diri dan bila kita amati ada bar berkedip2 dan terus menerus terjadi,  maka akan menjadi signal yang kita kenal sebagai doji, hammer, hangingman,dll. Kejadian ini disebut titik breakout.

<@kunay> Range doji adalah titik breakout dan secara otomatis kedua titik Hi-Low menjadi support dan resisten. Artinya ketika salah satu titik tsb tembus, maka trend akan terjadi. Hal ini menjadi mekanisme umum para trader.

<@kunay>Semakin kita melihat daya dorong tidak ada yang menahan, maka trend akan semakin kuat. Namun semua itu memiliki batasan yaitu Resistan dan Support yang ditunjukkan oleh zigzag di batas2 harga yang pernah dicapai.

<@kunay> Disini kita bisa mengamati, dimana dorong2an yang awalnya tanpa ada yang menahan secara tiba2 membentur tembok. Hal tersebut bisa juga terjadi karena aksi profit taking. Namun bisa juga lebih karena konfirmasi apakah trend perlu dilanjutkan atau tidak.

<@kunay> Jika kita amati peperangan diarea tersebut  lemah, maka itu tanda2 trend akan berlanjut. Disini pentingnya kita mengamati tick movement. Kita bisa ambil ancang2 kapan kita masuk , exit maupun locking.

<@kunay> Dan semua lebih karena seni...seni mengamati pasar dengan baik. Istilah para ahli = “Just Let The Market Tell You What It Is”

<@kunay> selesai…

End of #indofx buffer    Thu Mar 27 12:41:47 2008

Tanya Jawab

<+dummy> mas kunay,..ini berlaku buat semua tf dan semua session market ya?

<@kunay> kalo tf besar lebih ke bentuk efek dari pertarungan...sedangkan realnya di TF 1m

<@kunay> begini...

<@kunay> awalnya trade melihat, pasar akan memiliki kemungkinan gerak ke atas sekian atau kebawah sekian dan setiap TF memiliki penilai yang berbeda dalam penentuan harga. Penilai itu secara global ditentukan oleh  teknikal, seperti fibo , res/sup, dll. Tapi kecenderungan pergerakan harga lebih karena Fundamental baik secara global maupun daily.

<@kunay> Dan setiap persepsi pergerakan harga di masing2 TF adalah sebagai konfirmasi pergerakan pasar.

<@kunay> Pertempuran terjadi di TF 1m jadi bergeraknya searah dan teratur.

<@kunay> Pertama dia akan konfirm di TF 1 m sebagai pusat pertempuran. Kemudian akan konfirmasi ke TF 5m sebagai tangga harga berikutnya, kemudian berlanjut ke TF 15,30,dst.

<@kunay> Disinilah kenapa banyak system beda TF. Karena mereka membuat system berdasarkan sudut  pandang TF tsb. Padahal harga terus bergerak dan berkonfirmasi terus menerus.

<@kunay> Disinilah terjadinya repaint atau divergence. Sebab harga melihat semua time frame dan semua itu sebagai tangga konfirmasi.

<@kunay> Oleh sebab itu sebelum masuk ke pasar harus ditentukan dulu, kita mau masuk pasar dari kacamata mana? Kalau TF 4h ya berarti kita tahu batasan SL ( bagi penganut SL ) dan TPnya. Di TF 4H yang tentunya SL dan TP-nya lebih besar dari TF 15 misalnya. Dan begitu seterusnya baik itu TF yg lebih kecil maupun besar.

<@kunay> Itulah  alasan saya main di longterm terlebih  dahulu dan untuk tangga intradaynya sebagai scalping.

 

Kesimpulan

-          Tick Movement itu dipelajari buat datangnya momentum. Untuk menyimak dan mengamati kapan momentum dimulai.

-          Tick di bar terlihat seperti perang(Bull vs Bear). Yang lain mencoba untuk naik dan yang lain maksa turun dan saking kuatnya terlihat doji. Kejadian ini disebut Titik Breakout.

-          Pola Bigboys bermain: Biasanya mereka 2 kali memprovokasi pasar dengan bar panjang2 seperti news besar. Bila harga kurang bereaksi, maka dia akan bersiap2 ambil langkah pengamanan dengan memasang terbalik dengan pola masuk yang sebelumnya.

-          Range Doji adalah titik breakout dan secara otomatis kedua titik Hi-Low menjadi support dan resisten.

-          Semakin kita melihat daya dorong tidak ada yang menahan, maka trend akan semakin kuat.(strong trend)

-          Apabila tiba2 harga seperti membentur tembok, artinya lagi ada aksi profit taking.

-          Namun jika harga bergerak lemah, maka dapat disimpulkan trend terus berlanjut.(weak trend)

-          Membaca harga jgn dilihat seperti menghitung secara matematis(rocket science) tapi lebih ke pendekatan seni. “Just Let The Market Tell You What It Is”

Back

Search site

© 2008 All rights reserved.